Dream Catcher "Penangkap Mimpi"

By Salsabila Adni Azkiya Bahri - 05.14



Hi readers keceh!!! 

gue mau ngebahas soal tentang Dreamcatcher lo tau?? udh tau? mau tau? #apadeh okeh jadi dreamcatcher ini lagi trand coba search di tumblr ato om google pasti banyak deh foto fotonya~ 
nah dreamcatcher ini bisa di bilang tentang sebuah mimpi, dan gue pernah liat buku yang judulnya juga "Dreamcatcher" buku itu bercerita tentang kita itu harus punya mimpi dan mimpi kita harus setinggi tingginya walaupun mimpi itu ga bakalan kita capai tetapi asal ada usaha pasti ada jalan! jadi Never lose hope jangan berhenti berharap.
oke gue langsung aja ya.

Dalam budaya asli Amerika, sebuah dreamcatcher atau penangkap mimpi, Lakota: iháŋbla gmunka, Ojibwe: asabikeshiinh, bentuk mati dari kata untuk "laba-laba" atau Ojibwe: bawaajige nagwaagan berarti "mimpi snare" adalah objek buatan tangan didasarkan pada lingkaran willow, yang ditenun jaring longgar atau web. Dreamcatcher kemudian dihiasi dengan barang-barang pribadi dan suci seperti bulu dan manik-manik

Dreamcatcher
dan katanya nih dreamcatcher berasal Bangsa Ojibwa selama Gerakan Pan-India tahun 1960-an dan 1970-an, mereka diadopsi oleh penduduk asli Amerika dari sejumlah negara yang berbeda. Beberapa menganggap dreamcatcher simbol persatuan antara Bangsa India dan simbol umum identifikasi dengan budaya asli Bangsa Amerika yang pertama. Namun, penduduk asli Amerika lain yang telah datang untuk melihat dreamcatcher dikomersialisasikan.

Menurut Encyclopedia Serangga, laba-laba memiliki dampak yang besar pada budaya asli Amerika yang berhubungan dengan dreamcatcher. Masing-masing suku memiliki arti yang berbeda menghubungkan dua. Adapun orang-orang Cherokee, laba-laba membawa api. Naashjéii Asdząą adalah "Spider Woman" dalam budaya Navajo dan mengajarkan perempuan dalam budaya cara menenun, dan dia adalah "inti dari penciptaan" di Pueblo legenda. Dalam suku-suku Indian Sioux penangkap mimpi berarti "berputar dengan laba-laba" dan mereka digunakan untuk menangkap mimpi yang baik. 

Bahkan bayi yang baru lahir diberi mantra pelindung. Contoh ini adalah "spiderwebs" tergantung pada melingkar papan cradle. Artikel-artikel ini terdiri dari hoops kayu sekitar 3 ½ inci dengan diameter diisi dengan meniru jaring laba-laba terbuat dari benang halus, merah biasanya dicelup. Pada masa lalu ini jaring terbuat dari serat jelatang. Dua jaring laba-laba biasanya digantung di lingkaran itu, dan dikatakan bahwa mereka "menangkap segala kerusakan yang mungkin di udara sebagai jaring laba-laba menangkap dan memegang apa pun yang datang dalam kontak dengan itu."


Secara tradisional, suku Ojibwa membangun dreamcatcher dengan mengikat helai otot di web sekitar bulat kecil atau air mata berbentuk kerangka willow (dalam cara yang kurang lebih sama dengan metode mereka untuk membuat anyaman snowshoe). Yang dihasilkan "mimpi-catcher", tergantung di atas tempat tidur, digunakan sebagai pesona untuk melindungi orang dari tidur mimpi buruk. Sebagai dreamcatchers terbuat dari willow dan otot, mereka tidak dimaksudkan untuk bertahan selamanya tetapi dimaksudkan untuk mengering dan runtuh sebagai tidur lebih muda memasuki usia takjub. 

suku Ojibwa percaya bahwa dreamcatcher suatu perubahan mimpi seseorang. Menurut Konrad J. Kaweczynski, "Hanya mimpi yang baik akan diizinkan untuk disaring mimpi buruk akan tinggal, dan akan bersih menghilang dengan cahaya matahari." mimpi yang baik akan melewati dan geser ke bawah dan hinggap di bulu-bulu yang ada di dreamcatcher tersebut.

Penjelasan lain asal Lakota, "melewati mimpi buruk melalui lubang dan keluar dari jendela Mimpi-mimpi yang baik yang terjebak dalam web, dan kemudian meluncur di bulu ke orang tidur.." 
Account tersebut bertentangan tentang bagaimana dreamcatcher yang bekerja mungkin bukti kuno nya. Sementara ini simbol tradisional telah selamat, makna aslinya telah hilang dan kemudian ditafsirkan dalam berbagai cara.

nah jadi intinya Dreamcatcher ini adalah penangkal mimpi buruk. biasanya suku Indian menggantungkannya di atas tempat tidur pada saat tidur jika mereka barmimpi buruk maka mimpi buruk itu akan terjeran melalui benang-benang yang berada di lingkaran willow dan akan menghilang dengan cahaya matahari tapi jika mereka bermimpi baik maka mimpi itu akan masuk dan diserap oleh bulu-bulu tersebut.


sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Dreamcatcher     





  • Share:

You Might Also Like

0 komentar