Melasti dan Tawur Agung 2018

By Salsabila Adni Azkiya Bahri - 09.53


Hallo guys its April and i know it Melasti udah lewat banget, tapi gapapa aku cuma pegen sharing foto-fotoku yang aku ambil waktu melasti, kalian tau sendiri Melasti adalah upacara pensucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu di Bali. Upacara Melasti digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan.Upacara Melasti dilaksanakan di pinggir pantai dengan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dan membuangnya ke laut.
 


di Jogja sendiri upacara melasti di selenggarakan di Pantai Parangkusumo, aku dan temen-temen Fotografi berkesempatan ikut dalam acara ini, ini pertamakalinya juga sih buat aku motret ginian dan lumayan susah karna kita butuh jarak dan ga sembarangan karena ini adalah upacara sakral, belum lagi harus rebutan dengan fotografer lainnya, sampe-sampe rela nyebur ke pantai buat dapetin foto yang di inginkan, dan pulang-pulang basah semua :)


Sedangkan Prosesi Tawur Agung Kesanga merupakan upacara yang digelar oleh umat Hindu sehari jelang perayaan Nyepi. Upacara ini berdasarkan pada konsep ajaran Tri Hita Karana, yakni menyelaraskan hubungan dengan tiga elemen, manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam semesta. Tawur Agung Kesanga sendiri bertujuan untuk membersihkan dan mewisuda bumi sebelum Nyepi, yakni dimana umat akan melaksanakan tapa brata penyepian.



 Proses Tawur Agung dilaksanakan di Pelataran Candi Prambaanan, jadi sedikit cerita kalo pas acara sakralnya jam 7 pagi di prambanan dan itu jarang banget yang bisa dapet acaranya tadinya aku sama temen-temen pengen banget motret pas acara itu tapi berhubung Kotagede dengan Kalasan itu jaraknya lumayan jauh dan masih ngantuk jadilah baru sampe sana jam 11 siang dan panas banget wkwkwk, pokoknya emang bener-bener perjuangan deh.



sekian dulu, semoga kalian suka dengan hasil foto-fotoku yang menurutku juga belum bagus-bagus amat, gapapa, semuanya butuh proses kan?? so jangan sampe ketinggalan dengan post-an aku selanjutnyaaaa!!!

byeee

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Ayo bosku Semuanya,
    Yuk iseng bermain game untuk mendapatkan uang tambahan setiap harinya Hanya di arena-domino.net
    Modal Kecil Dapat Puluhan Juta ^^
    Bareng saya dan teman-temanku yang cantik-cantik loh !
    Info Situs www.arena-domino.net
    yukk di add WA : +855964967353

    BalasHapus